Sepakbola adalah olahraga yang penuh dengan emosional. Saking emosionalnya, para pemain tak segan-segan menumpahkan air matanya di atas lapangan, entah itu karena terharu atau menghadapi situasi yang tak sesuai dengan harapan. Dalam sebagian besar momen yang terjadi didalam pertandingan, anda dapat melihat dengan jelas para pemain ini melakukannya. Dan inilah 12 pesepakbola terkenal yang pernah menangis, diantaranya adalah :

1. Cristiano Ronaldo

Walaupun bermandikan ketenaran, Cristiano Ronaldo kerap menunjukkan sisi lembutnya beberapa kali. Di sepanjang karirnya, Ronaldo penah menumpahkan air mata di ajang Piala Dunia, Piala Eropa dan yang paling baru adalah meneteskan air mata pada acara penghargaan Ballon d’Or, dimana dirinya telah dinyatakan sebagai pesepakbola terbaik di dunia. Ronaldo memiliki kebiasaan untuk menumpahkan emosinya pada saat-saat seperti ini. Namun dibalik sisi lembutnya, ia adalah pesepakbola yang sangat berbakat.

2. Lionel Messi

Bahkan salah satu pemain terbaik di dunia pun pernah menumpahkan air matanya. Lionel Messi adalah pesepakbola yang paling berbakat dari Argentina, namun ia pernah beberapa kali meneteskan air matanya kala membela timnas Argentina. Saat melakoni debut pertamanya dengan timnas, Messi diganjar kartu merah karena dinilai dengan sengaja menyikut pemain lawan.

Lalu ada muncul laporan bahwa Messi menangis di ruang ganti. Messi pun pernah mengatakan jikalau debut pertamanya itu merupakan mimpi buruknya yang paling besar. Saat akhir final Piala Dunia 2014 pun terlihat Messi meneteskan air matanya.

3. Ronaldinho

Ronaldinho kerap membuat beberapa momen terindah di atas lapangan sepakbola. Dengan kemampuan individualnya yang semakin memudar, Ronaldinho kembali ke negara asalnya Brazil untuk melanjutkan karirnya bersama Atletico Mineiro.

Kala pertandingan melawan Figueirense, Ronaldinho berhasil mencetak hattrick dan membuat 2 assist. Saat mencetak gol ketiganya dengan indah, Ronaldinho berlutut dan menangis. Itu adalah salah satu perayaan gol yang sangat indah serta mengharukan.

4. David Luiz

Setelah menelan kekalahan memalukan di tangan timnas Jerman, David Luiz beserta seluruh rakyat Brazil menangis. Luiz menangis dengan terbuka di lapangan saat peluit akhir pertandingan ditiup. Ia menangis lantaran mengaku tak tampil baik selama pertandingan dan menjadi kambing hitam atas kekalahan timnasnya.

Dalam sebuah wawancara pasca pertandingan tersebut, Luiz tidak sama sekali tak dapat menahan kekecewaannya dan langsung meminta maaf kepada seluruh bangsa Brazil. Biasanya saat tampil di lapangan, David Luiz kerap tersenyum namun terus terang saja, siapa yang bisa menyalahkan kinerjanya mengingat timnas Brazil sedang berada di bawah tekanan yang dashyat.

5. John Terry

Ketika seorang pemain gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya di panggung terbesar dunia, terutama di saat-saat yang penting, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menangis. Itulah yang dilakukan oleh John Terry saat ia gagal mengeksekusi pinalti lantaran kakinya tergelincir selama ajang final Liga Champions melawan Manchester United.

Pinalti Terry melambung ke atas gawang bersamaan dengan mimpi Chelsea, air mata Terry pun langsung tak terbendung. Kapten Chelsea ini juga mengaku jika dirinya juga menangis lantaran skuadnya memenangkan gelar Liga Premier tahun 2014 lalu. John Terry adalah salah satu karakter yang paling rumit dalam sepakbola.

6. Luis Suarez

Apabila kita mengatakan bahwa Luis Suarez adalah pemain yang kerap dikuasai oleh emosi merupakan hal yang benar. Dalam karirnya, Suarez telah berjuang keras untuk mengendalikan semua emosinya di dalam setiap pertandingan sehingga kemarahannya terkadang ditumpahkan di dalam insiden menggigit dan tindak kekerasan.

Musim lalu, ketika skuad Liverpool gagal menembus 4 besar di Liga Premier setelah bermain hasil imbang kontra Crystal Palace, Suarez terlihat emosi dan menangis diatas lapangan. Suarez tidak pernah memiliki kesempatan untuk menebus kesalahannya di depan para fans Liverpool karena ia telah memutuskan untuk pindah ke Barcelona.

7. Mario Balotelli

Mario Balotelli akan selalu menjadi bulan-bulanan kritikan, entah itu berasal dari para fans maupun media. Namun Balotelli pernah menangis di dalam ajang final Euro 2012, saat negaranya dibekuk timnas Spanyol dengan skor telak 4-0. Para fansnya yang berasal dari seluruh dunia akan selalu mengingat momen tersebut.

8. Iker Casillas

Meskipun berlabel salah satu kiper terbaik sepanjang masa, Iker Casillas juga pernah menumpahkan air matanya setelah dirinya mencapai sesuatu yang benar-benar besar. Setelah keberhasilannya memimpin timnas Spanyol untuk mendapat 3 trophi tertinggi di dunia secara berturut-turut.

Casillas mengungkapkan bahwa dirinya pernah menangis di sesi wawancara dengan tunangannya, Sara Carbonero. Ini adalah saat yang mengharukan bagi Casillas, setelah selesai wawancara Sara melayangkan sebuah kecupan sebelum Casillas melangkah keluar dari pandangan kamera.

9. Fabian Schar

Swiss berhadapan dengan Argentina dalam ajang perempatan final di Piala Dunia 2014 dan ketika Angel Di Maria berhasil mencetak gol di menit 118, ia berhasil membawa Argentina ke babak selanjutnya. Di sisi lain, hal tersebut merupakan malapetaka bagi timnas Swiss, mereka harus tersingkir dengan menelan kekalahan yang menyakitkan.

Penonton bahkan dapat melihat secara langsung para pemain Swiss tertunduk lesu dan berbaring di lapangan sembari menangis, termasuk Fabian Schar yang tampil secara heroik membela timnasnya. Schar akhirnya telah pulih dari insiden ini dan memulai musim baru dengan FC Basel.

10. Rio Ferdinand

Setelah memasuki usia senja, Rio Ferdinand tampaknya sudah lupa bagaimana rasanya menjadi seorang pemain sepakbola profesional yang dapat mendorong pemain muda ke dalam situasi yang luar biasa. Di awal tahun ini, ia menyerukan para pemain muda untuk memberikan rasa hormat kepada rekan satu tim lainnya yang lebih tua dengan cara mengendalikan emosi mereka, terutama dalam hal menyeleksi tim.

Ferdinand mengecam para pemain muda untuk tidak menangis ketika mereka tak terpilih dan mengatakan kepada mereka untuk tetap tegar. Tapi jikalau kita melihat kembali di ajang Piala FA 2005 silam, Ferdinand pernah menangis lantaran Manchester United kalah saat adu pinalti dengan Arsenal.

11. Serey Die

Serey Die mengatakan jika dirinya sedang dibalut emosi saat mewakili negaranya, ia kedapatan oleh kamera sedang menangis selama menyanyikan lagu kebangsaan Pantai Gading. Die terpilih saat melawan Kolombia dalam ajang Piala Dunia 2014 dan aksi menangisnya menjadi perdebatan di internet.

Sebuah rumor pun beredar jika ia menangis lantaran ayahnya baru saja meninggal. Setelah pertandingan berakhir, Die mengungkapkan jika dirinya sedang memikirkan sosok almarhum ayahnya serta perjalanan berat yang ia lalui untuk mengikuti ajang ini. Die berkata, “Saya tidak pernah berpikir jika suatu hari saya akan bermain disini. Saya sudah berusaha untuk tidak meneteskan air mata namun tidak bisa”.

12. Son Hueng Min

Setelah negaranya mengalami kekalahan yang telak di ajang Piala Dunia 2014, Son Hueng Min meraung sejadi-jadinya. Dia menangis secara terbuka di lapangan, padalah ia telah melakukan tugasnya dengan baik untuk Korea Selatan. Hueng Min memimpin Korea Selatan dan sukses dalam beberapa pertandingan, namun timnya harus tersingkir juga dalam Piala Dunia.

Leave a Response